Starbuck Kalah Telak Dibanding Nikmatnya Kopi Kong Djie di Pulau Belitung, Penikmat Kopi Pasti Setuju!

Kopi Kong Djie - Cover Artikel - Gama Holiday

Hi Travellers, Mengaku penikmat kopi? Coba cicipin deh kopi kong djie yang ada di Belitung! Jangan kaget kalo harganya murah, Yang lebih mahal banyak!

Nikmatnya Kopi Kong Djie

Indonesia tidak hanya memiliki keanekaragaman seni, budaya dan bahasa, namun juga tanaman nya. Salah satu yang terkenal adalah biji kopi. Kopi Aceh, Kopi Toraja, Kopi Papua memiliki rasa yang berbeda – beda . Banyak penikmat kopi yang hobi mencicipi kopi dari segala penjuru Indonesia. Biji kopi tersebut memiliki rasa tersendiri. Katanya sih, Cuma penikmat kopi yang bisa ngerti?

Kopi Kong Djie - Prolog - Gama Holiday

Credit Image to @morethan _candle

Bagi penikmat kopi, kopi kong djie di Belitung merupakan salah satu kopi yang wajib dicoba. Dan anehnya lagi, bagi orang yang enggak suka kopi, mendadak jadi hobi ngopi kalau kopinya kopi kong djie. Emang kopi nya yang enak atau karena ngopi nya bareng dia? Hmm….. mari kita simak ceritanya.

Come and See Belitung!

Liburan ke Belitung

3D2N Pulau Belitung on Budget

3D2N Wisata Pulau Belitung : Vihara Dewi Kwan Im, Dinas Pariwisata Belitung Timur, Museum Andrea Hirata, SD Muhammadiyah, Pulau Batu Garuda, Pulau

Paket Honeymoon di Pulau Belitung, Belitong in Love

4 hari 3 malam : Candle light dinner di Green Tropical Village, Pantai Burung Mandi, Pantai Serdang, Pantai Teluk Gembira, Bukit Batu Baginde, Tanjung Kelayang, Batu Berlayar, Pantai Tanjung

Paket Wisata Bangka Belitung, Come and See Belitong

4 hari 3 malam : Pulau Leebong, Tanjung Kelayang , Vihara Dewi Kwan Im, Dinas Pariwisata Belitung Timur, Museum Andrea Hirata. SD Muhammadiyah,

Paket Wisata Belitung, Explore and Tour Belitung Island

3 hari 2 malam : Vihara Dewi Kwan Im, Dinas Pariwisata Belitung Timur, Museum Andrea Hirata. SD Muhammadiyah, Pulau Batu Berlayar, Pulau Lengkuas, Pantai

Kedai Kopi Kong Djie Yang Sukses Merajai Pulau Belitung

Kedai kopi Kong Djie terletak di persimpangan Siburik, Jalan Gegedek. Kedai kopi ini sebelumnya sempat buka di Bulung Tumbang, Tanjungpandan. Adapun Kong Djie Coffe termasuk kedai kopi tertua di negeri Laskar Pelangi. Tepatnya sudah berdiri sejak tahun 1943 lalu. Memang umur kedai kopi ini sudah tidak lagi muda, namun cita rasanya masih selalu di rindukan setiap orang. Bangunan tempat menyeruput kopi tersebut pun cukup tua dan sederhana. Dimana hanya ada empat ruang berukuran kecil sekitar 3 x 4 meter untuk menjamu para penikmat kopi yang datang. Hanya saja suasana di dalam kedai memang nyaman dan tergolong otentik. Karenanya tak heran bila tempat ngopi yang awalnya dimiliki lelaki keturunan Tionghoa bernama Ho Kong Djie ini tetap ramai dikunjungi.

Kopi Kong Djie - Penikmat Kopi 1 - Gama Holiday

Credit Image to @mrs.lailasaguin

Usaha kedai kopi Kong Djie Coffe terus berkembang dan makin sukses pasca berkolaborasi dengan sejumlah pihak. Sistem franchise yang dipilih menjadi alasan adanya beberapa cabang Kong Djie Coffe yang dibuka di beberapa lokasi. Sehingga secara tidak langsung membuat Kong Djie Coffe tampil sebagai Starbucks’nya Belitung. Selidik punya selidik memang ada rencana membuat brand Kong Djie menjadi brand global. Hal ini berdasar informasi yang didapat dari putra Ho Kong Djie. Namun, hal tersebut bukan pekara mudah.

Kopi Kong Djie - Penikmat Kopi 2 - Gama Holiday

Credit Image to @angeliahalim

Kedai kopi tertua ini tidak hanya menawarkan menu kopi saja. Melainkan ada pula beberapa kudapan enak yang sekiranya cocok sebagai pendamping kopi. Sebut saja seperti gorengan, donat, atau nasi gemuk. Suasana ngopi yang nyaman dan membuka kesempatan ngumpul bareng penikmat kopi yang lain dijamin membuat kamu betah berlama-lama di sini. Rata-rata pengunjung pun bisa menghabiskan waktu 1-2 jam atau malah lebih sekedar untuk ngopi bersama sembari ngobrol santai bersama pengunjung yang lain. Banyak topik obrolan yang bisa dibahas, mulai dari obrolan santai hingga obrolan serius berbau politik.

Jangan heran bila saat ngopi di Kong Djie Coffe ada banyak kepulan asap rokok. Wajar karena pengunjung kedai kopi di Belitung ini mayoritas adalah kaum adam yang juga perokok aktif. Rasanya memang ada yang kurang bila ngopi tanpa merokok. Namun, bagi kamu yang ingin menghindari asap rokok bukan masalah. Kamu bisa memilih tempat duduk di luar yang cukup dekat dengan dapur kedai.

[Baca Artikel Lainnya : Mencoba Makan Bedulang ala Masyarakat Belitung Kuno di Rumah Makan Timpo Duluk]

Nikmatnya Kopi Kong Djie Beda!

Masih bertahannya kedai Kopi Kong Djie dan cukup banyaknya mitra yang tertarik untuk membuka cabang jelas bukan tanpa alasan. Satu alasan utama yakni karena kenikmatan kopi yang ditawarkan. Konon kopi yang dijual di Starbuck tidak ada apa-apanya dibanding kenikmatan kopi ala Kong Djie Coffe. Bagaimana bisa demikian?

Kenikmatan sebuah kopi jelas berkaitan langsung dengan bahan baku yang digunakan. Kong Djie Coffe diketahui menggunakan bahan baku kopi yang didatangkan dari pulau Jawa dan pulau Sumatera. Bahan kopi tersebut merupakan hasil campuran dengan arabika yang selalu dipasok rutin tiap satu bulan atau menyesuaikan kebutuhan. Selain arabika ada juga kopi berjenis robusta. Hanya saja jenis kopi arabika memang lebih banyak pecintanya.

Kopi Kong Djie - Penikmat Kopi 3 - Gama Holiday

Credit Image to @kong_djie_coffee

Stok bahan kopi yang dihabiskan Kong Djie Coffe bisa mencapai ratusan kilogram. Sangat wajar karena setiap harinya kedai kopi fenomenal di Belitung ini bisa menghabiskan 6 sampai 9 kilogram kopi. Adapun bahan baku kopi Kong Djie masih harus diambil dari luar pulau Belitung karena kabupaten Belitung sejauh ini belum mempunyai perkebunan kopi yang mumpuni.

Mengingat bahan kopi adalah bahan pilihan yang diolah dengan resep warisan, tak heran bila kenikmatan kopi ala kopi Kong Djie memang tidak tertandingi.

Kopi Kong Djie - Penikmat Kopi 4 - Gama Holiday

Credit Image to @di_sinikopi

Kopi kog djie diseduh dengan cara yang khas, dimana penyeduhan kopi sangat tradisional yakni masih menggunakan arang. Tapi karena cara penyeduhan tradisional itulah cita rasa kopi bisa terasa benar-benar khas Belitung. Lantas bagaimana dengan harga kopi di kedai Kong Djie Coffe? Dari segi harga terbilang murah meriah. Satu gelas kopi yang dijual di Kong Djie Coffe dibandrol dengan harga 8000 sampai 10.000 rupiah saja. Kedai kopi ini buka setiap hari mulai dari pukul 6 pagi sampai 9 malam.

Bagi para penikmat kopi, menyeruput kopi bukan hanya tentang cita rasa kopi itu sendiri. Suasana tempat nongkrong juga mampu menambah cita rasa kopi tersebut. Kopi kong djie menawarkan tempat nongkrong santai sambil mengobrol dengan nyaman seperti di rumah sendiri. Makanya jangan heran kalau Kamu lihat banyak orang yang lagi ngafe tapi kakinya naik ke atas kursi kalau ke Pulau Belitung!

Subscribe Gama Holiday Sekarang

dan dapatkan informasi terbaru dan penawaran paket wisata lainnya

[]
1 Step 1
Nama
Tempat Wisata
Previous
Next

 

About Author

GamaHoliday
GamaHoliday
Perusahaan biro perjalanan (travel agent) yang melayani jasa paket wisata dalam negeri maupun luar negeri, tiket pesawat dan hotel. Kami melayani perjalanan untuk individu maupun perusahaan.
Loading Facebook Comments ...

Comments

Leave a Reply